EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 2 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER

CHOLILATUL M (MTs Negeri 1 Palembang)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

This study aims to improve the learning outcomes of class IX students. A MTsN I Palembang for the academic year 2020-2021, totaling 36 students using the Number Head Together (NHT) Cooperative Learning learning model. This classroom action research is designed in 3 cycles. Each cycle is carried out in 4 stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The competency standards in the improvement plan for cycle 1, cycle 2 and cycle 3 are to analyze the relationship between the continents of the world. Indicators are developed in the form of a bar chart. Then the subject of this research is students who study in class IX. A school year 2020-2021. The results of classroom action research show that the use of cooperative learning model type NHT (Numbered Head Together) can improve the learning outcomes of class IX students. A MTsN I Palembang for the academic year 2020-2021, with average learning outcomes in cycle 1 which completed 12 students (33.33%), in cycle 2 which was completed 24 students (66.67%), and in cycle 3 the number of students who completed has reached 36 students (100%). The average student learning outcomes increased from 72.28 in cycle 1, 76.67 in cycle 2 and increased again to 82.50 in cycle 3. Based on the research results obtained, teachers in social studies learning always provide motivation, create effective learning, using a fun learning model, so that it can increase students' interest in learning social studies which is oriented to improving student learning outcomes for class IX. A MTs Negeri I Palembang. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. A MTsN I Palembang tahun pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 36 siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together ( NHT ). Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dalam 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun standar kompetensi pada rencana perbaikan siklus 1, siklus 2 maupun siklus 3 yaitu menganalisis hubungan antara benua benua yang ada di dunia. Indikator dikembangkan dalam bentuk diagram batang. Kemudian subjek penelitian ini adalah siswa yang belajar di kelas IX. A tahun pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa penggunaan pembelajaran model Cooperative Learning tipe NHT ( Numbered Head Together ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX. A MTsN I Palembang tahun pelajaran 2020-2021, dengan rata fata hasil belajar siklus 1 yang tuntas 12 siswa ( 33,33 % ), pada siklus 2 yang tuntas 24 siswa ( 66,67 % ), dan pada siklis 3 jumlah siswa yang tuntas sudah mencapai 36 siswa ( 100 % ). Rata rata hasil belajar siswa meningkat yang sebelumnya 72,28 pada siklus 1, 76,67 pada siklus 2 serta meningkat lagi menjadi 82,50 pada siklus 3. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, guru dalam pembelajaran IPS selalu memberikan motivasi , menciptakan pembelajaran yang efektif, menggunakan model pembelajaran yang menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa untuk belajar IPS yang berorientasi pada peningkatan hasil belajar siswa kelas IX. A MTs Negeri I Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...