EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2022)

BEST PRACTICE PENERAPAN MODEL PJBL PADA MANAJEMEN KELAS LURING MATA PELAJARAN TATA HIDANG DI SMKN 2 BOYOLANGU TULUNGAGUNG

YAYUK SAKTI WIDAYATI MIKIDORI (SMK Negeri 2 Boyolangu)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Based on the identification of problems faced by students in the Russian service material, learning motivation and good offline class management are needed to do it. Learning motivation can be grown through fun learning. Offline classroom management will run well if it is integrated with learning models, one of which is project based learning. The best practice paper aims to: (1) describe the implementation of the PJBL model in offline classes. (2) analyze the success rate of PJBL implementation in offline class management. The research instrument used was an observation sheet on the implementation of learning and a test of student learning outcomes. Data analysis was carried out to determine the level of student attendance, the level of activeness in asking students and student learning outcomes which included knowledge competence, attitude competence, and skill competence. Data collection techniques were carried out by observation and tests. The results showed that: (1) the attendance rate increased; (2) the level of active questioning of students increases and (3) learning outcomes increase. The research suggests: (1) the PJBL model is an alternative learning model that is very appropriate to use in Russian Service material; (2) offline classroom management which is applied with project-based learning model is very effective in using Russian Service material; and (3) to apply the project based learning model in offline class management, students' readiness needs to be considered, especially in terms of material mastery ABSTRAKBerdasarkan identifikasi masalah yang dihadapi perserta didik pada materi Russian service, diperlukan motivasi belajar serta manejemen kelas luring yang baik untuk mengerjakannya. Motivasi belajar dapat ditumbuhkan melalui pembelajaran yang menyenangkan. Manajemen kelas luring akan berjalan dengan baik apabila terintegrasi dengan model pembelajaran, salah satunya project based learning. Makalah best practice bertujuan: (1) menggambarkan penerapan model PJBL pada kelas luring. (2) menganalisis tingkat keberhasilan penerapan PJBL pada manajemen kelas luring. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar peserta didik. Analisis data dilakukan untuk mengetahui tingkat kehadiran peserta didik, tingkat keaktifan bertanya peserta didik dan hasil belajar peserta didik yang mencakup kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, dan kompetensi keterampilan.Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kehadiran meningkat; (2) tingkat keaktifan bertanya peserta didik meningkat dan (3) hasil belajar meningkat. Penelitian menyarankan: (1) model PJBL merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang sangat tepat digunakan pada materi Russian Service; (2) manajemen kelas luring yang diterapkan dengan model pembelajaran pproject based learning sangat efektif digunakan pada materi Russian Service; dan (3) untuk menerapkan model project based learning pada manjemen kelas luring kesiapan peserta didik perlu diperhatikan terutama dalam hal penguasaan materi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...