EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 4 (2022)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CARD SORT DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR TENTANG MENUNTUT ILMU PADA PESERTA DIDIK KELAS VII A SMP NEGERI 21 PONTIANAK

KHOMSATUN KHOMSATUN (SMP Negeri 21 Pontianak)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

The aim of the research is to find out the learning plan to increase learning activities about studying by using the card sort learning model for students. technique used qualitative description. Class Action Research Procedures (CAR). The results of this study are the use of card sort learning models in PAI learning material about studying can increase student learning activities in each cycle I 76% and cycle II 90%. The use of the card sort learning model can make students feel motivated and get attention as well as the opportunity to express opinions, ideas, and questions. By learning using the card sort learning model, learning in Islamic Religious Education is more enjoyable ABSTRAKTujuan penelitian adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas belajar tentang menuntut ilmu dengan menggunakan model pembelajaran card sort pada peserta didik. teknik yang digunakan deskripsi kualitatif. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran card sort pada pembelajaran PAI materi tentang menuntut ilmu dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam setiap siklus I 76 % dan siklus II 90 %. Penggunaan model pembelajaran card sort dapat menjadikan peserta didik merasa dirinya termotivasi dan mendapat perhatian serta kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide, dan pertanyaan. Dengan pemebelajaran menggunakan model pembelajaran card sort, pada pembelajaran Pendidikkan Agama Islam lebih menyenangkan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...