EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 1 (2023)

UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

TRI HANDAYANINGTYAS (SD Negeri 2 Mulyoasri Kabupaten Malang)



Article Info

Publish Date
13 Apr 2023

Abstract

In addition to learning outcomes, student activity in teaching and learning activities is also important to note. The activeness of students shows their enthusiasm, skills in thinking, and skills in solving problems. This action research was conducted to find out how the problem-based learning model increased student activity during teaching and learning activities. The method used in this study was classroom action research conducted in 2 cycles, each cycle consisting of 4 stages, where each cycle was carried out in 2 meetings. The subjects of this study were 24 students of Class VI at SD Negeri 2 Mulyoasri, consisting of 10 boys and 14 girls. The results of this study indicate that the percentage of student activity increased from cycle I to the end of cycle II. In cycle I, the percentage of student activity was 71.46% and rose in cycle II to 78.65% in the good category. The use of this learning model is considered capable of increasing the percentage of student activity by 16.77% from the para-cycle which percentage is only 61.88%. This shows that the application of the problem-based learning model can increase the activity of Grade VI students at SD Negeri 2 Mulyoasri, Ampelgading District, Malang Regency, East Java. ABSTRAKSelain hasil belajar, keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar juga penting untuk diperhatikan. Keaktifan siswa menunjukkan antusiasme, keterampilannya dalam berpikir, dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Penelitian tindakan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, dimana tiap siklusnya dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 2 Mulyoasri sejumlah 24 anak, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa meningkat mulai dari siklus I hingga akhir siklus II. Pada siklus I, prosentase keaktifan siswa sebesar 71,46% dan naik pada siklus II menjadi 78,65% dengan kategori baik. Penggunaan model belajar ini dinilai mampu meningkatkan prosentase keaktifan siswa sebesar 16,77% dari para-siklus yang prosentasenya hanya sebesar 61,88%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan siswa Kelas VI SD Negeri 2 Mulyoasri Kecamatan Ampelgading Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...