EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PENEMUAN KATA KUNCI MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 1 POGALAN

IMAM CHOIRUDIN (SMP Negeri 1 Pogalan, Trenggalek)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

The aims of this study were (1) to improve the ability to write poetry, (2) to increase the ability/professionalism of teachers in using the technique of finding keywords through the media of images to teach writing poetry to students. /2022. This research approach uses classroom action research (Classroom Action Research). This research was carried out in 2 (two) cycles, each cycle consisting of 4 stages, namely planning, implementation, conservation, and reflection. Sources of data obtained from learning activities and documents. The research instrument for measuring poetry writing skills in class VIIIA students in semester 2 of the 2021/2022 school year at Pogalan 1 Public Middle School consists of aspects: title, diction/choice of words, imagery, rhyme/sound equation, and typography. The achievement indicator in this study was that at least 85% of students scored above the KKM of 75. Based on the results of the study, the following conclusions were obtained: (1) the ability to write poetry for class VIII A students at SMPN 1 Pogalan, Trenggalek experienced an increase of 12.50%. The class average value in the action stage of Cycle I was 75.00% and in the action cycle II the average value increased by 12.50% to 87.50%. (2) the learning behavior of class VIII A students of SMPN 1 Pogalan –Trenggalek experienced a positive change after participating in learning to write poetry using the technique of finding keywords through media images. ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan menulis puisi, (2) meningkatkan kemampuan/profesionalisme guru dalam menggunakan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar untuk mengajarkan menulis puisi pada siswa Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Pogalan tahun pelajaran 2021/2022. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, onservasi, dan refleksi. Sumber data diperoleh dari kegiatan pembelajaran dan dokumen. Instrumen penelitian untuk mengukur keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIIIA semester 2 tahun pelajaran 2021/2022 di SMP Negeri 1 Pogalan terdiri dari aspek: judul, diksi/pilihan kata, pengimajian, rima/persamaan bunyi, dan tipografi. Indikator pencapaian dalam penelitian ini adalah setidaknya terdapat 85 % siswa memperoleh nilai di atas KKM sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII A SMPN 1 Pogalan, Trenggalek mengalami peningkatan sebesar 12,50%. Nilai rata-rata kelas pada tahap tindakan Siklus I sebesar 75,00% dan pada tindakan siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 12,50% yaitu menjadi 87,50%. (2) perilaku belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Pogalan –Trenggalek mengalami perubahan kearah positif setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan teknik penemuan kata kunci melalui media gambar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...