EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS POSTER DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MEDIA SCRAPBOOK SISWA KELAS VIIID MTsN 2 GUNUNGKIDUL

MUHAMMAD YUSUF ISNAINI (MTsN 2 Gunungkidul)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

This study aims to improve the skills of writing posters using a contextual approach using the scrapbook media for class VIIID students at MTsN 2 Gunungkidul using the scrapbook media. The hypothesis of this classroom action research is: learning using scrapbook media can improve the poster writing skills of class VIIID students. This study uses a class action research design. The subjects of this study were 32 students of class VIIID MTsN 2 Gunungkidul. This study consisted of two cycles, namely cycle I and cycle II. Data collection techniques using tests. The test is in the form of writing a poster. The results obtained showed that the writing skills of class VIIID students at MTsN 2 Gunungkidul increased. The results of the pre-action test showed an average value of 65.9 and in cycle I an average value of 70.46 was obtained. This means an increase of 4.56 points . In cycle II, the class average was 77.68. This shows an increase from cycle I to cycle II of 7.22 points. So the increase that occurred from pre-action to cycle II was 11.78 points. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis poster dengan pendekatan kontekstual menggunakan media buku temple pada siswa kelas VIIID MTsN 2 Gunungkidul dengan menggunakan media buku temple (Scrapbook). Adapun hipotesis penelitian tindakan kelas ini adalah: pembelajaran menggunakan media buku tempel dapat meningkatkan keterampilan menulis poster siswa kelas kelas VIIID. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID MTsN 2 Gunungkidul sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes berupa menulis poster. Hasil yang diperoleh menunjukkan keterampilan menulis siswa kelas VIIID MTsN 2 Gunungkidul meningkat. Hasil tes pratindakan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 65,9 dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,46. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 4,56 poin . Pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 77,68. Hal ini menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7,22 poin. Jadi peningkatan yang terjadi dari pratindakan sampai pada siklus II sebesar 11,78 poin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...