EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 3 No. 2 (2023)

EFEKTIVITAS UPAYA PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN VARIASI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MP PKN KELAS VII E MTsN JOMBANG

HARI ESTUNING (MTsN 5 Jombang)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

The objectives of this class action research activity are: (1) to find out the application of the Question and Answer Method with a variety of learning media in Civics learning; and (2) to determine the effectiveness of the application of the Question and Answer Method with a variety of learning media in Civics learning towards improving student learning outcomes. The results of implementing classroom action research that took place in 3 research cycles can be concluded: 1). During PTK, efforts to apply the Question and Answer method with a variety of learning media have been well managed. 2). Learning activities using the Question and Answer method with well-managed media variations are quite effective in increasing student learning outcomes, 3). Learning media for making essays and drawing varied with the Question and Answer Method turned out to be quite effective for conveying material on Understanding Applicable Norms in Community, National and State Life, 4). The action hypothesis which states "if efforts to apply the Question and Answer method with a variety of learning media can run effectively, then student learning outcomes will increase" can be accepted. ABSTRAKTujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan Metode Tanya Jawab  dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PKn; dan (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan Metode Tanya Jawab  dengan variasi media pembelajaran dalam pembelajaran PKn terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam 3 siklus penelitian dapat disimpulkan: 1). Selama berlangsung PTK, upaya penerapan metode Tanya Jawab  dangan variasi media pembelajaran telah dikelola dengan baik. 2). Kegiatan pembelajaran dengan metode Tanya Jawab  dengan variasi media yang dikelola dengan baik ternyata cukup efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa, 3). Media pembelajaran membuat karangan dan menggambar yang divariasikan dengan Metode Tanya Jawab ternyata cukup efektif untuk menyampaikan materi Memahami Norma Yang Berlaku Dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara, 4). Hipotesis tindakan yang menyatakan “apabila upaya penerapan metode Tanya Jawab dengan variasi media pembelajaran dapat berjalan efektif, maka hasil belajar siswa akan meningkat” dapat diterima.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...