EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 1 (2024)

STRATEGI PEMBELAJARAN MENGATASI KESULITAN ANAK SD DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA

TUSSITA, ZAHRA (Unknown)
YUNISAH, SUCI RAHMA (Unknown)
SOPIYAH, KHOTNA (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Matematical storytelling, which requires an understanding of mathematical concepts and good reading skills, can be a major obstacle to learning. This study aims to evaluate and detail various effective learning strategies to overcome the difficulties of mathematical stories of children. Literary study methods are used to explain various strategies of learning that have proven to be successful in improving the ability of children in solving maths. The study found that using contextual teaching materials, using problem-based learning approaches, applying technology in mathematics learning, and using game-based activities to enhance student motivation and involvement can improve the ability of children to solve mathematical stories. Problem-based teaching methods improve student problem-solving skills, and contextualized teaching material helps students better understand math concepts. ABSTRAKSoal cerita matematika, yang memerlukan pemahaman konsep matematika dan keterampilan membaca yang baik, dapat menjadi hambatan besar dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merinci berbagai strategi pembelajaran yang efektif untuk mengatasi kesulitan cerita matematika anak SD. Metode kajian literatur digunakan untuk menjelaskan berbagai strategi pembelajaran yang terbukti berhasil dalam meningkatkan kemampuan anak SD dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Kajian ini menemukan bahwa penggunaan materi ajar yang kontekstual, penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, penerapan teknologi dalam pembelajaran matematika, dan penggunaan aktivitas berbasis permainan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dapat meningkatkan kemampuan anak SD untuk menyelesaikan soal cerita matematika. Metode pembelajaran berbasis masalah meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa, dan materi ajar yang kontekstual membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika juga meningkatkan variasi dan meningkatkan minat siswa dalam mata pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...