EDUCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 4 No. 2 (2024)

PENERAPAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 5 TASIKMALAYA

TRISNAWATI, TRISNAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

This research aims to determine the implementation/application of transformational leadership style in improving teacher performance at the MA level. The madrasa head as the leader has a lot of influence on the sustainability of the quality of education in the madrasa. Teachers as educators have an important role in communicating and providing services to students. The method used in this research is qualitative by collecting data through several techniques such as interviews, documentation and field observations. The collected data is then reduced according to the research focus, analyzed and conclusions drawn. The research results show that the transformational leadership of the principal at MAN 5 Tasikmalaya shows a positive impact on teacher behavior and performance. By implementing transformational leadership values, teacher motivation to improve competence and professionalism increases by being included in various routine madrasa activities, giving teachers the opportunity to express opinions and directing teachers in their work has a positive impact on teacher behavior. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi/penerapan gaya kepemimpinan transformasional dalam meningkatkan kinerja guru di jenjang MA. Kepala madrasah selaku pemimpin memberikan banyak pengaruh terhadap keberlangsungan mutu pendidikan di madrasah. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting dalam berkomunikasi dan memberikan pelayanan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan mengumpulkan data melalui beberapa teknik seperti wawancara, dokumentasi serta observasi lapangan. Data yang terkumpul selanjutnya di reduksi sesuai dengan fokus penelitian, dianalisa dan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional kepala sekolah di MAN 5 Tasikmalaya menunjukan dampak positif pada perilaku dan kinerja guru. Dengan menerapkan nilai-nilai kepemimpinan transformasional, motivasi guru untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme meningkat dengan diikutsertakan dalam berbagai kegiatan rutin madrasah, pemberian kesempatan pada guru untuk berpendapat dan mengarahkan guru dalam bekerja memberikan dampak positif terhadap perilaku guru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educational

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pedidikan dan ...