Kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep aljabar menjadi kunci dalam pengembangan kemampuan berpikir analitis dan pemecahan masalah yang kompleks. Oleh karena itu, kompetensi guru dalam mengajar aljabar, seperti menyusun instrumen, sangat penting untuk memastikan bahwa siswa dapat memahami dan menguasai materi ini dengan baik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan (workshop) yang memadukan pendekatan daring dan luring. Workshop ini bertujuan untuk mengasah kemampuan guru matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs) se-Kota Bandung dalam menyusun Instrumen Numerasi Konten Aljabar Tipe AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Hasil dari workshop telah berhasil mengembangkan 10 instrumen konten aljabar tipe AKM yang valid. Selanjutnya soal diujicobakan kepada 30 siswa. Hasil analisis soal menunjukkan bahwa 18 siswa (60%) berada dalam kategori rendah, sementara 6 siswa (20%) berada dalam kategori sedang, dan 6 siswa (20%) lainnya berada dalam kategori tinggi. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024