Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 6 (2024): Vol. 5 No. 6 Tahun 2024

PKM PENDIDIKAN STEM-AR BAGI GURU MATEMATIKA DI KABUPATEN BATANG

Nurina Happy (Universitas PGRI Semarang)
Muhammad Prayito (Universitas PGRI Semarang)
Lilik Ariyanto (Universitas PGRI Semarang)
Diah Safitri (Universitas PGRI Semarang)
Eliya Cicik Puspita Sari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2024

Abstract

MGMP Matematika Kabupaten Batang telah berdiri sejak lama namun belum ada kesepakatan terkait pertemuan rutin dan rancangan kegiatan bagi pada anggotanya. Selain itu, para guru di MGMP Matematika Kabupaten Batang belum mengenal STEM-AR yang dapat diaplikasikan dalam pembelajaran matematika. Urgensi dan fokus kegaiatn pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan aplikatif yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dan Augmented Reality (AR) dalam pembelajaran matematika sehingga guru dapat mengembangkan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR dan menerapkannya di kelas matematika. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah membentuk Komunitas Belajar STEM-AR dengan fokus pada bidang sosial kemasyarakatan dan manajemen melalui metode pelaksanaan (1) memberikan pelatihan STEM, AR, dan pembuatan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR, dan (2) penerapan hasil pelatihan dalam mengembangkan Modul Ajar berbasis Pendidikan STEM-AR. Kegiatan PkM Pendidikan STEM-SR bagi Guru Matematika di Kabupaten Batang telah terlaksana hingga pelaksanaan penggunaan teknologi tepat guna. Pada kegiatan pelatihan, Guru SMA di Kabupaten Batang telah memahami dengan baik terkait pendidikan STEM, AR, dan pengembangan modul ajar berbasis STEM-AR. Sudah 100% guru matematika di Kabupaten Batang telah mampu mengembangkan modul ajar berbasis STEM-AR. Guru Matematika Kabupaten Batang juga telah menerapkan pembelajaran berbasis STEM di kelas matematika, namun memang masih perlu ditingkatkan agar pembelajaran dapat berjalan lebih efektif. Siswa dalam kelas tampak antusias dengan pembelajaran berbasis STEM ini karena merupakan pengalaman baru bagi mereka. Perlu adanya perbaikan berkelanjutan dalam proses pembelajaran sehingga kelas menjadi lebih efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...