Kemampuan menulis karya ilmiah secara akurat dapat digunakan sebagai salah satu cara agar siswa kritis dalam mengatasi berbagai persoalan dan tantangan di sekitarnya. Dengan memiliki keahlian menulis karya ilmiah, seseorang akan mengalami peningkatan pengetahuan, pemahaman, pencapaian, bahkan finansial. Tujuan penelitian ini yaitu untuk untuk medeskripsikan kegiatan sosialisasi penulisan karya ilmiah bagi siswa SMK di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek siswa SMKN 5 Yogyakarta. Hasil yang didapat dari kegiatan sosialisasi ini adalah pemahaman siswa terkait karya ilmiah termasuk dalam kategori “Baik”. Berdasarkan hasil tes yang dibagikan ke siswa, dapat diketahui bahwa persentase pemahaman siswa terhadap materi sebanyak 80%. Siswa juga menunjukkan rasa antusias dalam mengikuti sosialisasi penulisan karya ilmiah karena materi ini difokuskan untuk menggali potensi siswa dalam memaksimalkan bidang keahliannya.
Copyrights © 2024