Jurnal Ilmiah Telaah
Vol 10, No 1: January 2025

Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar: Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Gubuk Makam Lombok Tengah

Widhyastuti, kadek Listya (Unknown)
Hidayatullah, Muhammad Isro' (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi pendidikan inklusi di SD Negeri Gubuk Makam, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah ini telah menerapkan program pembiasaan bernama GASPUL MENU OLAH-OLAH, yang mencakup olahraga, olah rasa, olah pikir, dan olah hati. Program ini membantu siswa berkebutuhan khusus (ABK) berintegrasi dengan siswa lainnya dalam pembelajaran reguler. Meskipun demikian, terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya data spesifik mengenai ABK dan minimnya pelatihan guru dalam pendidikan inklusi. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, kerja sama dengan orang tua, dan dukungan lintas sektor untuk memperkuat pelaksanaan pendidikan inklusi di masa mendatang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

telaah

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil ...