Jurnal Ilmiah Telaah
Vol 10, No 1: January 2025

Peningkatan Kemampuan Menulis Proposal Kegiatan Melalui Model Pembelajaran Student Cetered Learning (SCL)

fitriani, farida (Unknown)
Arfiny, Baiq Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2025

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa. Dengan menulis pelajar dapat mengungkapkan gagasan, pendapat dan perasaan kepada pihak lain dengan memperhatikan grafologi, struktur Bahasa, dan kosakata agar penulisan menjadi lebih menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran student centered learning dalam meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa semester satu Program Studi Pendidkan Dokter Hewan Universitas Pendidikan Mandalika tahuan 2024-2025. Jumlah responden adalah 36. Adapun hasil dari penelitian ini tergolong baik. Hal tersebut, dapat dilihat dari hasil rerata pre tes 65.67 dan pos tes 73.86. Dari hasil tersebut terdapat peningkatan 12% dari pre tes dan pos tes. Jadi dapat disimpulkan bahwa, dengan menggunakan model pembelajaran SCL merupakan car aterbaik untuk mengarahkan mahasiswa dalam mengungkapkan agasan dan pikiran untuk membuat proposal kegiatan yang baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

telaah

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil ...