JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa)
Vol 9, No 2: December 2024

Pendekatan Pembelajaran Mesin Berbasis Model Campuran Gaussian untuk Deteksi Steganografi Pada Citra JPEG

Saputro, Indrawan Ady (Unknown)
Nugraha, Febrianta Surya (Unknown)
Sugiarto, Lilik (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2025

Abstract

Perkembangan keamanan digital terus mengalami kemajuan pesat, khususnya di bidang steganografi. Steganografi adalah teknik menyembunyikan data agar tidak mudah terdeteksi. Salah satu teknik populer pada citra JPEG adalah Least Significant Bit (LSB). Namun, teknik ini sering disalahgunakan, sehingga meningkatkan risiko terhadap keamanan data dan menuntut adanya metode deteksi yang andal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan metode deteksi steganografi yang efektif dengan menggunakan Gaussian Mixture Models (GMM). Metodologi yang digunakan melibatkan pengolahan dataset yang terdiri dari dua kelas: citra asli dan citra yang telah disisipkan pesan tersembunyi menggunakan teknik LSB. Dataset ini kemudian dianalisis menggunakan model GMM untuk mendeteksi pola-pola steganografi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa GMM mencapai akurasi 78,67%, presisi 89,15%, dan recall 69,70%. Selain itu, nilai AUC-ROC sebesar 86,59% menunjukkan kemampuan yang baik dalam membedakan citra asli dan steganografi. Kesimpulannya, GMM merupakan metode yang efektif dan efisien untuk deteksi steganografi adaptif, menawarkan tingkat akurasi tinggi dengan kebutuhan sumber daya yang lebih ringan dibandingkan metode lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jtera

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

TERA (Journal of Engineering Technology) is peer-review journal providing original research papers, case studies, and articles review in engineering technology field. The journal can be used as an authoritative source of scientific information for researchers, researcher academia or institution, ...