Aplikasi Belanjo merupakan layanan aplikasi belanja online yang digunakan masyarakat Kota Jambi untuk membeli kebutuhan pokok atau belanja sehari – hari seperti sayur, sembako, buah, daging dan lainnya tanpa harus datang ke pasar tradisional. Tujuan melakukan penelitian ini untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi tingkat penerimaan aplikasi Belanjo di Kota Jambi. Penerimaan teknologi merupakan kemauan dari pengguna untuk menerapkan sistem teknologi informasi dalam melakukan pekerjaan. Pada penelitian ini untuk mengetahui tingkat penerimaan aplikasi Belanjo dilakukan dengan menggunakan metode Technology Acceptane Model (TAM). TAM terdiri dari lima variabel yang saling terkait yaitu Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Attitude Toward Using, Behavioral Intention to Use dan Actual Use. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jambi. Dalam menentukan sampel, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik ini adalah teknik penentuan berdasarkan pertimbangan atau kriteria – kriteria tertentu. Jumlah sampel penelitian ini adalah 100 responden sebagai sampel penelitian yang diperoleh berdasarkan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan dengan membuat kuesioner melalui Google Form dan disebarkan kepada masyarakat Kota Jambi yang telah bertransaksi menggunakan aplikasi Belanjo melalui sosial media. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan Software SmartPLS dengan uji outer model, inner model dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapat kesimpulan secara keseluruhan dari 6 hipotesis yang diuji diantaranya 5 hipotesis diterima dan 1 hipotesis ditolak.
Copyrights © 2024