Jurnal Darma Agung
Vol 32 No 5 (2024): OKTOBER

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR MAHASISWA FISIKA SEMESTER III TAHUN AJARAN 2022/2023

Tampubolon, Rameyanti (Unknown)
Damanik, Dede Parsaoran (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat dampak media pembelajaran canva dalam motivasi dan minat study fisika semester III tahun 2023. Populasi ialah seluruh mahasiswa prodi Fisika Semester III yaitu kelas pagi dan sore. Jenis dan desain penelitian digunakan adalah eksperimen dan quasi experimental design. Tehnik pengumpulan data bentuk angket observasi sebanyak 15 soal dengan skala 1 - 4, dengan option pilihan yaitu 4 sangat termotivasi dan berminat, 3 termotivasi dan berminat, 2 cukup termotivasi dan cukup berminat, 1 kurang termotivasi dan kurang berminat. Teknik analisis penelitian melalui uji persyaratan (normalitas, G ternomalisasi) serta uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh: (a) skor motivasi dan minat belajar pada canva memiliki rerata 331,34. (b) skor motivasi dan minat belajar mahasiswa pakai media langsung rata-rata 210,01. (c) Ada pengaruh signifikan perlakuan media pembelajaran Canva terhadap terhadap minat dan motivasi dalam belajarnya mahasiswa fisika semester III tahun 2023, dengan hasil perhitungan didapat thitung > ttabel ( 35,26 > 1,994).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnaluda

Publisher

Subject

Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Social Sciences

Description

Journal Focus of the Darma Agung Journal is multidisciplinary research to the lecturers, students and related institutions, especially in Indonesia which leads to an increasing in Indonesian Human Development Index. The scope includes collection of the results of research, studies or community ...