Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran Aplikasi Edpuzzle terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 37 Medan . Jenis Penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain penelitian two grup posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII dengan jumlah 180 orang dan sampel penelitian adalah kelas VIII B dengan jumlah 30 orang dan kelas VIII D 30 orang dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Diperoleh nilai rata-rata posttest kelas kontrol 53,33 dan posttest di kelas eksperimen nilai rata-rata 78,33. Hasil pengujian normalitas kelas kontrol diperoleh hasil < = 0,1055 < 0,161, uji normalitas kelas eksperimen diperoleh hasil < = 0,1402 < 0,161, hal tersebut menunjukkan bahwa penelitian dinyatakan normal, uji homogenitas diperoleh hasil < atau 1.59914 < 1,8608, dinyatakan homogen dan uji hipotesis menggunakan uji “t” pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh hasil > atau 7.120 > 1.6715 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh media pembelajaran edpuzzle mampu meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2024/2025.
Copyrights © 2024