Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Vol 7 No 1 (2024): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)

Ektrapolasi Sikap Terhadap Sains dan Keterampilan Proses Sains Dikaitkan dengan Gender

Muhiddin, St. Mutia Alfiyanti (Unknown)
Tawil, Muh. (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi (1) level sikap terhadap sains dan Keterampilan Proses Sains (KPS) perempuan dan laki-laki, (2) level hubungan yang positif antara sikap ilmiah dan KPS, (3) bahwa terdapat perbedaan signifikan sikap terhadap sains dan KPS antara peserta didik perempuan dan laki-laki. Populasi penelitian peserta didik kelas XI berjumlah 245 orang pada mata pelajara fisika. Jumlah sampel penelitian sebanyak 94 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) rata-rata sikap terhadap sains perempuan dan laki-laki berada pada kategori tinggi dengan nilai 84,74 dan 83,42, (2) rata-rata KPS perempuan berada pada kategori rendah dengan nilai sebesar 10,33 dan 10,54, (3) terdapat hubungan yang positif antara sikap terhadap sains dengan KPS sebesar 0,44 termasuk dalam level sedang, (4) terdapat perbedaan sikap terhadap sains antara perempuan dan laki-laki, (5) tidak terdapat perbedaan KPS antara perempuan dan laki-laki. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) level sikap terhadap sains perempuan dan laki-laki adalah sama pada kategori tinggi (2) level KPS perempuan dan laki-laki masih rendah, (3) semakin besar sikap terhadap sains maka semakin besar KPS, dan (4) sikap terhadap sains dan KPS tidak ada kaitannya dengan perbedaan gender.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Other

Description

Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance ...