Jurnal Visi Ilmu Pendidikan
Vol 16, No 3 (2024): Oktober 2024

PENGARUH PENDIDIKAN GURU PENGGERAK DAN PENDAMPINGAN PENGAJAR PRAKTIK TERHADAP KOMPETENSI MANAJERIAL GURU PENGGERAK SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SEMARANG

Lestyarini, Hestian (Unknown)
Wuryandini, Endang (Unknown)
Nurkolis, Nurkolis (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti pengaruh pendidikan guru penggerak dan pendampingan pengajar praktik terhadap kompetensi manajerial guru penggerak. Dengan populasi 230 guru penggerak di Kabupaten Semarang dan sampel 70 orang yang dipilih melalui teknik proportional stratified random sampling, data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif, uji persyaratan, dan uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan Microsoft Excel 2010 dan SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan guru penggerak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, terbukti dari hasil uji t (6,923 ≥ 1,99, Sig. 0,000 0,05). Selain itu, pendampingan pengajar praktik juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, dibuktikan dengan hasil uji t (10,629 ≥ 1,99, Sig. 0,000 0,05). Secara simultan, pendidikan guru penggerak dan pendampingan pengajar praktik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi manajerial, seperti yang ditunjukkan oleh hasil uji F (84,169 3,13, Sig. 0,000 0,05).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Visi Ilmu Pendidikan published manuscripts on research in education, particularly related to teaching and learning, theory and practice in education, education policy, curriculum and materials development, education on culture and characters of nation, teacher education, and other relevant ...