Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 2 (2024): Oktober

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Asriadi, Asriadi (Unknown)
Ismail, Risma Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas  Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media Augmented Reality (AR). Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Desain. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata Pre-test 39,77 dan rata-rata Post-test 80,68. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 91,19 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 95. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil uji One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test  menujukkan data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Hasil uji Levene statistic menunjukkan data pre-test dan post-test homogen. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Matematika siswa sebelum dan setelah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media AR. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan media AR efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 224 Pattiro Riolo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...