Multi-Linear Regression yang dikembangkan untuk membuat model prediksi prestasi mahasiswa secara akademik di perguruan tinggi belum pernah dilakukan. Selama ini metode tersebut sering digunakan untuk prediksi penerimaan mahasiswa baru. Padahal penting untuk memprediksi prestasi mahasiswa secara akademik karena sebagai tanggung jawab perguruan tinggi meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tahapan penelitian ini dilakukan mulai dari pengumpulan dataset, pengolahan dataset, analisis dataset, dan membuat model prediksi dengan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas partisipatif dan kognitif memiliki pengaruh positif dengan prestasi akademik mahasiswa. Semakin tinggi nilai aktivitas partisipatif dan kognitif mahasiswa maka mahasiswa akan berprestasi secara akademik. Namun, dari semua komponen penilaian, faktor yang sangat menentukan adalah Ujian Akhir Semester. Kedepan harus menjadi evaluasi bersama untuk dapat membagi bobot secara lebih merata atau menambahkan komponen penilaian lain yang menentukan prestasi akademik seperti sertifikat keahlian/kompetensi dan lainnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025