Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education (AJMIE)
Vol. 5 No. 2 (2024): Desember 2024

Manajemen Pondok Pesantren di Era 5.0: Mengoptimalkan Pendidikan Berbasis Teknologi dan Inklusi

Fahrurrozi, Imam (Unknown)
Juwari, Juwari (Unknown)
Aris Masruchi, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Pondok pesantren, sebagai lembaga pendidikan tradisional di Indonesia, perlu mengalami transformasi yang signifikan untuk menghadapi era 5.0. Pada era 5.0 ini perlu adanya integrasi teknologi digital dalam semua aspek kehidupan, termasuk didalamnya adalah manajemen pendidikan di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pondok pesantren yang dapat dilakukan guna mengoptimalkan pendidikan pondok pesantren di era 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kepustakaan yakni dengan mengumpulkan serta menganalisis berbagai sumber literatur yang berupa artikel jurnal, buku, ataupun penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam beradaptasi dengan era 5.0 manajemen pondok pesantren perlu menekankan inovasi, inklusi, dan pengembangan yang berkelanjutan. Diantaranya dengan transformasi Manajemen di Pondok Pesantren, Teknologi dalam Pengelolaan Administrasi dan Komunikasi, Inklusi dan Diversitas dalam Pendidikan, dan Pendidikan Karakter sebagai modal kesiapan abad 21. Dengan mengintegrasikan teknologi, mendorong inklusi, dan memperkuat kolaborasi, pondok pesantren dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat. Transformasi ini bukan hanya tentang meningkatkan efisiensi operasional, tetapi juga tentang menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi dan berkomitmen pada nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan yang mendalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ajmie

Publisher

Subject

Education

Description

Tafsir Tarbawi, Hadith Tarbawi, Studies of Islamic Education, Studies of Sufism, Science of Islamic Education, Philosophy of Islamic Education, Management of Islamic Education, Evaluation of Islamic Education, Curriculum Development of Islamic Education, Learning and Teaching Strategies, Modern ...