Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menelaah reformulasi dimensi kognisi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Universitas Muhammadiyah Aceh, menggunakan revisi teori Taksonomi Bloom pada domain kognitif. Studi ini mengkaji keterkaitan dimensi kognisi dengan kurikulum Pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendalami reformulasi dimensi kognisi yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam model pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan faktual mencakup elemen-elemen dasar yang harus diketahui mahasiswa untuk mempelajari disiplin ilmu atau menyelesaikan masalah dalam bidang tersebut. Pengetahuan prosedural berkaitan dengan cara melakukan sesuatu, sementara pengetahuan konseptual mencakup klasifikasi dan kategori, prinsip dan generalisasi, serta teori, model, dan struktur. Pengetahuan metakognitif meliputi pengetahuan tentang kognisi secara umum, kesadaran, serta pemahaman tentang kognisi diri sendiri. Reformulasi dimensi pengetahuan ini dalam pendidikan agama Islam di perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kebermaknaan materi PAI yang diajarkan kepada mahasiswa. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024