CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol 12, No 2 (2024): September 2024

Implementasi Metode Card Sort Pada Proses Pembelajaran Guru dan Siswa Kelas VII Di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah Lombok Barat

Hafsah, Hafsah (Unknown)
Sakban, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Pendidikan menjadi elemen kunci dalam pembangunan sebuah negara, karena memiliki peran yang signifikan dalam usaha meningkatkan mutu sumber daya manusia. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menjelaskan Implementasi metode card sort pada proses pembelajaran guru dan siswa kelas VII Di Boarding School Mu’allimin Muhammadiyah Lombok Barat. Metode kegiatan ini meliputi: studi pendahuluan, pelatihan dan pemberdayaan dan Fokus Group Discussion. Hasil kegiatan ini memberikan dampak bahwa terdapat peningkatan komptensi guru dan siswa setelah diberikan pelatihan secara komprehensif dan terukur. Karena proses pembelajaran yang menggunakan metode active learning tipe card sort dengan asumsi mampu meningkatkan prestasi belajar pembelajaran PPKn. Oleh karena itu, diketahui bahwa pembelajaran aktif tipe card sort dapat menjadi salah satu alternatif metode yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran. Metode ini diharapkan dapat membantu guru dalam merencanakan proses pembelajaran yang inovatif, sehingga tidak hanya meningkatkan prestasi siswa tetapi juga menjadi acuan bagi guru lainnya dalam kegiatan pembelajaran. Education is a key element in the development of a country, because it has a significant role in efforts to improve the quality of human resources. The purpose of this activity is to explain the implementation of the card sort method in the learning process for class VII teachers and students at the Mu'allimin Muhammadiyah Boarding School, West Lombok. The methods of this activity include: preliminary study, training and empowerment and Focus Group Discussion. The results of this activity have the impact that there is an increase in teacher and student competency after being given comprehensive and measurable training. Because the learning process uses the card sort type active learning method with the assumption that it will be able to improve learning achievement in PPKn learning. Therefore, it is known that active learning using the card sort type can be an alternative method used by teachers in learning activities. This method is expected to help teachers in planning innovative learning processes, so that it not only improves student achievement but also becomes a reference for other teachers in learning activities.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...