SD Pengebatan Karanglewas memiliki peserta didik yang beragam. Untuk menunjang kesempatan belajar yang sama, SD Pangebatan melakukan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam berbagai bentuk kegiatan dan pengajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk kegiatan implementasi pembelajaran berdiferensiasi di SD Pangebatan Karanglewas, dan (2) faktor yang mempengaruhi SD Karanglewas dalam mengimplementasikan model pembelajaran berdiferensiasi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pola penelitian lapangan dan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi literatur, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, pendidik, dan pihak lain di SD Pangebatan Karanglewas yang terbagi dalam kategori informan kunci, utama, dan pendukung. Data tersebut kemudian dianalisis melalui proses interaktif dan diuji validitasnya dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian model pembelajaran diferensiasi, dalam rangka peningkatan aksesibilitas dan kesetaraan dalam pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus telah berjalan dengan baik. (1) Pengimplementasian model pembelajaran berdiferensiasi di SD Pangebatan Karanglewas dilakukan dalam 3 sesi, meliputi perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. (2) Proses implementasi yang telah dilakukan SD Pangebatan Karanglewas tidak lepas dari beberapa faktor yang mempengaruhi meliputi faktor orang tua, lingkungan, dan pendidik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024