Penelitian ini disusun untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas IV SD Negeri 3 Pejaten dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggununakan model PjBL kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur mengalami peningkatan, rata-rata nilai pada siklus I yaitu 74,70 dan siklus II 84,12 dan pada siklus I nilai siswa yang tuntas KKTP sebanyak 12 orang dan pada siklus 2 meningkat menjadi 16 orang, dengan persentase pada siklus I 70, 56 % dan pada siklus II 94,2 %. Pencapaian belajar klasikal baik pada siklus I maupun II sudah mencapai indikator keberhasilan karena mengalami ketuntasan belajar individual ? 70. PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep teks prosedur, merumuskan tujuan, mengidentifikasi bahan, dan menulis langkah-langkah dengan detail yang cukup hal ini terjadi karena model PjBL membuat pembelajaran lebih menarik dan relevan dengan kehidupan nyata.
Copyrights © 2024