Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas model Kolaboratif Learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest, dan subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 2 SDN 3 Pengastulan. Tes hasil belajar diberikan sebelum dan sesudah penerapan model Kolaboratif Learning sebagai alat pengukuran. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, yang kemudian disajikan dalam bentuk tabel dan histogram. Uji normalitas dilakukan dengan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test, sementara uji homogenitas dilakukan menggunakan Variance Homogeneity Test. Uji signifikansi statistik dilakukan menggunakan Paired Samples t-Test melalui perangkat lunak SPSS versi 29.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.524 > 2.160), dan nilai Sig dua sisi lebih kecil dari 0.05, sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, penerapan model Kolaboratif Learning berbasis secara signifikan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas 2 SD Negeri 3 Pengastulan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024