Metode diskusi kelompok adalah metode pembelajaran yang terstruktur, di mana sejumlah individu berinteraksi secara langsung dalam suasana yang tidak formal untuk berbagi pengalaman atau informasi, serta mencapai solusi atau kesimpulan terkait permasalahan tertentu. Metode ini dirancang untuk mendukung pembelajaran atau kerja kelompok dengan melibatkan beberapa peserta didik dalam penyelesaian tugas, pekerjaan, atau permasalahan. Meskipun metode diskusi kelompok sangat efektif dalam meningkatkan motivasi dan aktivitas belajar, khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, banyak guru yang belum menerapkan metode ini secara optimal di kelas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian dilakukan pada 30 siswa kelas 4 di SDN 2 Mengesta dengan menggunakan instrumen berupa lembar refleksi, modul ajar, lembar kerja peserta didik, dan soal evaluasi yang dikerjakan siswa pada setiap siklus pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik observasi dan dokumentasi terhadap hasil belajar siswa di akhir setiap siklus. Kriteria ketuntasan belajar individu ditetapkan pada nilai minimal 65, sedangkan ketuntasan belajar klasikal ditargetkan pada 80% siswa yang mencapai nilai tersebut. Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi pendidik mengenai alternatif media dan strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan prestasi belajar siswa secara efektif, sehingga metode ini dapat diterapkan secara lebih luas dalam konteks pembelajaran di kelas
Copyrights © 2024