Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MODEL PROBLRM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SERIRIT

Sudarmi, Made Yanthi (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Pembelajaran menulis siswa di fase A terutama pada siswa kelas I masih dianggap sulit oleh sebagian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Basad Learning dengan berbantuan media vidio dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran menulis siswa. Subjek Penelitian adalah siswa SD Negeri 1 Seririt yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu bulan September sampai Oktober 2024. Hasil penelitian pada prasiklus rata-rata hasil belajar siswa kelas I di SD Negeri 1 Seririt adalah 60. Siswa yang mencapai KKM 15 orang siswa, yang belum mencapai KKM 13 orang siswa. Pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 80. Siswa yang mencapai KKM 21 orang siswa, siswa yang belum mencapai KKM 7 orang siswa. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 80. Siswa yang mencapai KKM 27 orang siswa, siswa yang belum mencapai KKM 1 orang siswa. Peningkatan rata-rata hasil belajar pada pra siklus ke siklus II sejumlah 20. Peningkatan ketuntasan belajar dari prasiklus ke siklus II sejumlah 12 orang siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan berbantuan media vidio dapat meningkatkan hasil belajar cerita anak siswa kelas I SD Negeri 1 Seririt.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...