Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gobleg, Buleleng, Bali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gobleg yang berjumlah 15 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes melalui tes obyektif. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa Kelas IV SD Negeri 3 Gobleg dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia yaitu siklus I sebesar 75, daya serap 75%, dengan ketuntasan belajar klasikal 73%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus II yaitu sebesar 87, daya serap 87%, dengan ketuntasan belajar klasikal 100%
Copyrights © 2024