mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik cerpen melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Riel (2007) yang membagi proses penelitian tindakan menjadi tahap-tahap: (1) studi dan perencanaan; (2) pengambilan tindakan; (3) pengumpulan dan analisis kejadian; (3) refleksi. Lokasi penelitian dilaksanakan di SD Negeri 2 Penebel dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa. Pada siklus pertama, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik. Namun, setelah melalui perbaikan pada siklus kedua, seperti penyempurnaan media pembelajaran dan peningkatan kualitas diskusi kelompok, kemampuan siswa meningkat secara signifikan. Peningkatan ini didukung oleh teori konstruktivisme dan sosiokultural yang menekankan pentingnya pembelajaran aktif, kolaborasi, dan penggunaan media yang relevan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memanfaatkan berbagai sumber belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024