Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDN 2 Buwit. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan melibatkan 25 siswa sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 44% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah penerapan model PBL pada siklus I, angka ini meningkat menjadi 76%, namun belum memenuhi target ketuntasan klasikal sebesar 80%. Pada siklus II, penggunaan media video berhasil meningkatkan fokus dan motivasi siswa, sehingga 96% siswa mencapai KKTP, melampaui target yang telah ditetapkan. Model PBL berbantuan media video terbukti efektif dalam hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VI SDN 2 Buwit. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi acuan bagi guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran guna meningkatkan kualitas pendidika
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024