Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI CERITA LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 2 PED

Hernawati, Ni Komang (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengetahui hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 2 Ped dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita lompat tali melalui penerapan model Problem-Based Learning berbantuan media video. Penelitian ini adalah penelitian sederhana tanpa siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Ped yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (a) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi cerita lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar siswa, (b) penerapan model PBL berbantuan media video dalam pembelajaran bahasa indonesia materi cerita lompat tali memperoleh hasil belajar siswa yang dalam kategori sangat baik yaitu rata 85 dan sudah di atas KKTP yang ditentukan yaitu 74. Dari hasil itu, hasil belajar dikatakan tuntas yaitu (100%) dan dapat dilanjutkan ke tujuan pembelajaran berikutnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...