Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALIS UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KEDIRI

Polih, Ni Komang Sri (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 5 Kediri dalam menganalisis unsur-unsur intrinsik cerita melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PowerPoint (PPT). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, melibatkan 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 40% pada pra-siklus menjadi 70% pada siklus I, dan mencapai 90% pada siklus II. Penerapan PBL yang dipadukan dengan media PPT tidak hanya meningkatkan hasil belajar siswa tetapi juga mendorong keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam terhadap materi. Hasil ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan model pembelajaran inovatif untuk meningkatkan literasi siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...