Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 1 Beraban dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan membaca dan menulis, melalui penerapan model pembelajaran diferensiasi berbantuan media Kartu Huruf. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran sebelumnya adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode ceramah yang digunakan, yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kehilangan fokus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas 1, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 35% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sementara pada siklus I meningkat menjadi 57%, dan pada siklus II mencapai 93%. Dengan demikian, penerapan model Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan media Kartu Huruf terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dan menulis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas rendah.
Copyrights © 2024