Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBANTUAN KARTU HURUF DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 BERABAN

Susanthi, Ni Luh Gede Sri (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 1 SD Negeri 1 Beraban dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya pada keterampilan membaca dan menulis, melalui penerapan model pembelajaran diferensiasi berbantuan media Kartu Huruf. Masalah yang dihadapi dalam pembelajaran sebelumnya adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh metode ceramah yang digunakan, yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kehilangan fokus. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus, yang masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 siswa kelas 1, dengan hasil yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada tahap pra-siklus, hanya 35% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sementara pada siklus I meningkat menjadi 57%, dan pada siklus II mencapai 93%. Dengan demikian, penerapan model Pembelajaran Berdiferensiasi berbantuan media Kartu Huruf terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam membaca dan menulis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan model dan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia di kelas rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...