menyusun kalimat sederhana melalui penerapan model pembelajaran saintifik berbantuan media kartu kata. Rendahnya hasil belajar siswa sebelumnya diduga akibat penggunaan metode ceramah yang kurang menarik dan kontekstual, sehingga memotivasi penerapan strategi pembelajaran yang lebih inovatif. Metode penelitian tindakan kelas (PTK) digunakan dalam studi ini, melibatkan 23 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata dalam model pembelajaran saintifik efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Tingkat ketuntasan belajar secara klasikal meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II, mencerminkan peningkatan sebesar 35%. Media kartu kata terbukti mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok dan pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini memberikan manfaat signifikan bagi pendidik, termasuk perbaikan metode pengajaran, pengembangan profesionalisme, dan pemahaman terhadap strategi pembelajaran berbasis saintifik
Copyrights © 2024