Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa kelas 2 SD Negeri 1 Nyambu melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media kartu huruf. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, pembelajaran berbasis PBL dilakukan tanpa modifikasi signifikan, menghasilkan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 60%. Hasil refleksi menunjukkan adanya kebutuhan untuk meningkatkan motivasi siswa dengan media pembelajaran yang lebih inovatif. Oleh karena itu, siklus II dilaksanakan dengan penyempurnaan berupa penggunaan kartu huruf sebagai media pendukung PBL. Hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan peningkatan signifikan dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 96%. Peningkatan sebesar 36% ini menunjukkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan kartu huruf efektif dalam meningkatkan literasi siswa. Penelitian ini juga memberikan manfaat praktis bagi guru dalam meningkatkan metode pengajaran dan kompetensi profesional mereka.
Copyrights © 2024