Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PUISI ANAK DI KELAS 3 SD NEGERI 2 BILA

Purwati, Ni Made Ari (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Problem-Based Learning merupakan pendekatan yang menempatkan siswa sebagai aktor utama dalam proses belajar, dimana mereka dihadapkan pada situasi nyata yang memerlukan analisis dan pemecahan masalah. Dalam penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembelajaran Problem-Based Learning yang berbantuan video dalam meningkatkan hasil belajar puisi anak di kelas 3 SD Negeri 2 Bila. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran Problem-Based Learning dimana subjek penelitian terdiri dari 14 siswa. Data dikumpulkan melalui pretest yang dibagikan ke siswa dimana hasil yang didapat melalui pretest membaca puisi dimana siswa rata-rata mendapatkan predikat C dan Hasil pretest unsur-unsur intrinsic siswa rata-rata mendapatkan predikat SB dan nilai Esay mendapatkan nilai 100. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem-Based Learning berbantuan video dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih baik terhadap puisi, dan meningkatkan kemampuan membaca puisi secara keseluruhan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model Problem-Based Learning sebagai alternatif metode pengajaran yang efektif dalam pembelajaran bahasa, khususnya membaca puisi di sekolah dasar. Dengan demikian, diharapkan guru dapat menerapkan strategi ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...