Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO DAPAT MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CERITA PENDEK KELAS 1 SD NEGERI 1 CAU BELAYU

Ni Putu Gina Widaswara (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Pendidikan di sekolah dasar, khususnya kemampuan membaca dan menulis, merupakan fondasi penting bagi literasi siswa yang mendukung kesuksesan mereka di tingkat pendidikan selanjutnya. Namun, banyak tantangan dalam pembelajaran membaca, seperti kurangnya metode yang tepat, faktor lingkungan, dan perbedaan individu antara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media video untuk meningkatkan kemampuan membaca cerita pendek siswa kelas 1 SD Negeri 1 Cau Belayu. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mencakup siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah penerapan model PBL berbantuan media video, kemampuan membaca cerita pendek siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Pada tahap pra-siklus, hanya 54% siswa yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), sedangkan pada siklus II, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 95%. Ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan video efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita pendek siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...