Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal cara aman menyeberang jalan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 8 Dajan Peken yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada pra siklus, hanya 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah implementasi model PBL pada siklus I, angka tersebut meningkat menjadi 76%, meskipun belum mencapai target ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan memanfaatkan media video untuk meningkatkan fokus siswa. Hasilnya, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 96%, melampaui target yang ditetapkan. Kesimpulannya, penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal cara aman menyeberang jalan. Penelitian ini juga memberikan manfaat tambahan, seperti mendukung pengembangan profesional guru dan memperbaiki metode pengajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024