Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGENAL CARA AMAN MENYEBERANG JALAN SISWA KELAS II SD NEGERI 8 DAJAN PEKEN

Ni Putu Ratnawati (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal cara aman menyeberang jalan melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media video. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 8 Dajan Peken yang terdiri dari 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada pra siklus, hanya 40% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP). Setelah implementasi model PBL pada siklus I, angka tersebut meningkat menjadi 76%, meskipun belum mencapai target ketuntasan belajar klasikal sebesar 80%. Perbaikan dilakukan pada siklus II dengan memanfaatkan media video untuk meningkatkan fokus siswa. Hasilnya, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 96%, melampaui target yang ditetapkan. Kesimpulannya, penerapan model Problem Based Learning berbantuan media video efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi mengenal cara aman menyeberang jalan. Penelitian ini juga memberikan manfaat tambahan, seperti mendukung pengembangan profesional guru dan memperbaiki metode pengajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...