Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menyebutkan dan menganalisis penggunaan tanda baca, khususnya tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya pada siswa kelas III SD Negeri 4 Tukadsumaga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus, meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan persentase untuk menarik kesimpulan dari penelitian ini. Penggunaan Wordwall dalam proses pembelajaran menunjukkan efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Penerapan Wordwall dalam kelas mampu meningkatkan keterlibatan siswa sebesar 45% dibandingkan metode konvensional, karena siswa lebih tertarik dan termotivasi mengikuti kegiatan belajar melalui permainan interaktif. Penggunaan Wordwall dalam pembelajaran bahasa Indonesia meningkatkan hasil evaluasi keterampilan berbahasa siswa sebanyak 30% setelah dua siklus PTK, menunjukkan peran Wordwall dalam memudahkan pemahaman materi melalui pendekatan yang menyenangkan dan visual. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Berbasis Base Learning berbantuan Wordwall dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menyebutkan dan menganalisis penggunaan tanda baca, khususnya tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya pada siswa kelas III SD Negeri 4 Tukadsumaga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024