Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLEPLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELAS 2 SD NEGERI 1 CAU BELAYU

kusumawati, Yeni Angumasanita (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa kelas 2 SD Negeri 1 Cau Belayu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai metode dengan metode Hopkins yang mencakup siklus perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 1 Cau Belayu dengan partisipasi 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berbahasa siswa, khususnya keterampilan berbicara dan pemahaman konteks komunikasi. Pada tahap pra-siklus, hanya 54% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 70. Setelah penerapan metode role playing, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 77% pada siklus I dan 95% pada siklus II, melampaui target ketuntasan klasikal sebesar 80%. Metode role playing terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa secara emosional, kognitif, dan sosial. Pendekatan ini juga mampu mengatasi kendala motivasi belajar dengan menciptakan pembelajaran yang interaktif, relevan, dan menyenangkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...