Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan metode pembelajaran role playing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa kelas 2 SD Negeri 1 Cau Belayu. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan sebagai metode dengan metode Hopkins yang mencakup siklus perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Lokasi penelitian adalah SD Negeri 1 Cau Belayu dengan partisipasi 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada kemampuan berbahasa siswa, khususnya keterampilan berbicara dan pemahaman konteks komunikasi. Pada tahap pra-siklus, hanya 54% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 70. Setelah penerapan metode role playing, persentase siswa yang mencapai KKTP meningkat menjadi 77% pada siklus I dan 95% pada siklus II, melampaui target ketuntasan klasikal sebesar 80%. Metode role playing terbukti efektif meningkatkan keterlibatan siswa secara emosional, kognitif, dan sosial. Pendekatan ini juga mampu mengatasi kendala motivasi belajar dengan menciptakan pembelajaran yang interaktif, relevan, dan menyenangkan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024