Berdasarkan hasil observasi Penelitian yang dilakukan di kelas II SD No. 1 Seminyak Tahun Pelajaran 2024/2025 kondisi pembelajaran di masa pandemi dikelas belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Kegiatan siswa dalam pembelajaran hanya sekedar mendapatkan mendengarkan penyampaian materi dari guru dan mengerjakan tugas dari guru, 15 dari 2 siswa tidak aktif saat berdiskusi kelompok, bahkan tidak menyelesaikan lembar kerja peserta didik yang telah diberikan oleh guru dan juga tidak berani memberikan tanggapan ataupun mengajukan dan menjawab pertanyaan teman yang sedang melakukan presentasi. Akibatnya, dalam aktivitas kelompok tersebut hanya beberapa siswa yang aktif mendominasi baik saat proses diskusi menyelesaikan tugas maupun ketika mempresentasikan hasil diskuasi dan hasil kerja kelompoknya. Hal yang demikian dapat dikatakan sebagai sebuah keadaan yang menunjukkan keaktifan belajar siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu diambil tindakan perbaikan dalampembelajaran untuk meningktakn keaktifan dan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan penerapan model pembalajaran problem based learning. Problem based learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dijelaskan pada bagian kurikulum merdeka. Metode problem based learningmerupakan suatu model pembelajaran yang diidasarkan pada banyaknya yang membutuhkan penyelidikan autentik yakni penyelidikan yang membutuhkan penyelesaian nyata dari suatu permasalahan.
Copyrights © 2024