Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif dan belum berpusat pada peserta didik berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 4 di SD No. 2 Dalung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Pre experimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas 4 SD No. 2 Dalung dengan menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu suatu teknik penentuan dan pengambilan sampel yang ditentukan oleh peneliti dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis yang digunakan meliputi uji normalitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji Paired t test yang menunjukkan bahwa sig. 0,000 kurang dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa rata rata hasil belajar kognitif peserta didik pada nilai posttest sudah mencapai ketuntasan belajar. Kemudian Uji N_Gain diperoleh mean N_Gain persen sebanyak 59.1369, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning cukup efektif untuk diterapkan di kelas 4.
Copyrights © 2024