Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 5 SDN 4 Tista dalam menulis kalimat majemuk setara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebanyak 25 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan pembelajaran yang dimulai dari pre-test, perlakuan menggunakan metode PBL, hingga post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 62 pada pre-test menjadi 87,2 pada post-test. Uji hipotesis menggunakan SmartPLS menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara penerapan metode PBL dan peningkatan kemampuan siswa dengan nilai T Statistics sebesar 4,295 dan P Values sebesar 0,00. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode PBL tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024