Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

EFEKTIVITAS PROBLEM BASE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT MAJEMUK SETARA PADA SISWA KELAS 5 SDN 4 TISTA

Terianita, Made Sutrisna Maha (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas 5 SDN 4 Tista dalam menulis kalimat majemuk setara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sebanyak 25 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan pembelajaran yang dimulai dari pre-test, perlakuan menggunakan metode PBL, hingga post-test. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai rata-rata siswa, dari 62 pada pre-test menjadi 87,2 pada post-test. Uji hipotesis menggunakan SmartPLS menunjukkan hubungan positif dan signifikan antara penerapan metode PBL dan peningkatan kemampuan siswa dengan nilai T Statistics sebesar 4,295 dan P Values sebesar 0,00. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode PBL tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...