Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks bacaan yang sistematis pada siswa Kelas 4 SD Negeri 1 Pucaksari, Buleleng, Bali tahun pelajaran 2024/2025. melalui latihan pembuatan teks prosedur dengan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning atau PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang di cetuskan pertama kali oleh John Dewey pada tahun 1890. Model pembelajaran ini menekankan sistem pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana mereka belajar melalui pengerjaan proyek yang mendorong mereka untuk menyelesaikan masalah nyata dan menghasilkan produk, dalam hal ini teks prosedur. Melalui pendekatan ini, siswa akan dilibatkan secara aktif dalam proses belajar dengan memilih topik yang relevan, merancang langkah-langkah prosedur secara sistematis, dan mempresentasikan hasil akhir mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL dalam penulisan teks prosedur mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun teks yang sistematis, logis, dan jelas. Selain itu, model ini juga terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kerja sama siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa melalui metode pembelajaran yang inovatif dan praktis.
Copyrights © 2024