Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan mewarnai dan menggunting dalam rangka mengenalkan kata ‘sapi’ di Taman Kanak-Kanak Swasta (TKS) Nusantara, Desa Papuyu III Sai Pudak, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak TK B dengan jumlah 16 siswa TKS Nusantara. Kegiatan yang dilakukan meliputi mewarnai gambar sapi dan menggunting pola kata ‘sapi’, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf, kata, serta meningkatkan keterampilan motorik halus mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan mewarnai dan menggunting tidak hanya efektif dalam memperkenalkan kata ‘sapi’, tetapi juga mampu meningkatkan, keterampilan motorik halus, dan kemampuan mengenal huruf pada anak. Selain itu, kegiatan ini juga memperkuat kemampuan kognitif anak dalam memproses informasi visual dan linguistik. Berdasarkan hasil kegiatan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan mewarnai dan menggunting sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap kata-kata yang diajarkan, serta merangsang kreativitas dan keterampilan motorik anak. mereka. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif di tingkat pendidikan anak usia dini.
Copyrights © 2024