Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA BERDASARKAN TRI KAYA PARISUDHA

Kusumayanti, Desak Putu Yulia (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan kemampuan siswa dalam mengenal dan menggunakan huruf dengan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media kartu huruf berdasarkan Tri kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari, Buleleng, Bali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian model Hopkins yaitu penelitian yang diawali dengan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 1 Pucaksari yang berjumlah 7 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianalisis secara metode deskriptif kuantitatif dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siklus I pertemuan ke-1 dengan menggunakan model konvensional prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 29% dengan katagori sangat rendah, begitu juga pada siklus I pertemuan ke-2 prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah sebesar 43%, walaupun terjadi peningkatan sedikit tetapi masih dalam katagori sangat rendah. Pada siklus II pertemuan ke-1 penerapan model pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Berdasarkan Tri Kaya Parisudha pada siswa Kelas I SD Negeri 1 Pucaksari dapat meningkatkan hasil pemahaman siswa dalam mengenal huruf. Prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM adalah 71% dengan katagori sedang, dilanjutkan dengan siklus ke II pertemuan ke-2, prosentase siswa yang mendapat nilai diatas KKM mengalami peningkatan yang cukup singnifikan yaitu sebesar 86% dengan katagori tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...