Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 22 No 3 (2024): Edisi Khusus Desember 2024 SULUH PENDIDIKAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 DEPEHA

Paramitha, I Dewa Ayu Agung (Unknown)
Karmini, Ni Nyoman (Unknown)
Raka, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Project-Based Learning pada siswa Kelas IV SD Negeri 2 Depeha, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua kali siklus tindakan. Tahapan-tahapan dalam siklus adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Depeha yang berjumlah 16 orang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode tes melalui tes objektif. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Project-Based Learning pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Depeha dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari: (1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siklus I sebesar 71,25, daya serap 71,25%, dengan ketuntasan klasikal 68,25% Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia pada siklus II yaitu sebesar 90, daya serap 90%, dengan ketuntasan belajar klasikal 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...